Selasa, 29 Juni 2010

kapal mabur vs kapal layar…

kopi 5

cerita ini terjadi saat saya meminta pendapat karyawan saya tentang rasa kopi merek kapal layar dan kapal mabur. Dia berkata bahwa rasa kopi kapal layar lebih enak, karena harganya mahal, sekitar 15rb rupiah per bungkus. Sedang kopi kapal mabur rasanya kurang enak, karena harganya lebih murah, sekitar 8rb rupiah per bungkus.

di kesempatan lain, saya membeli kedua kopi yang saya maksud, kapal layar 15rb, kapal mabur 8rb.. dengan sedikit perjuangan, kedua bungkusan tadi menjelma menjadi 2 cangkir kopi, saya selaku dewan juri pun langsung menyeruput kopi-kopi tersebut.. dan ternyata…. kopi kapal mabur yg seharga 8ribu per bungkus rasanya jauh lebih enak, aromanya kuat, ampasnya lebih lembut , lebih harum, dan lebih nendang…  jadi apanya yang salah..?!?!?

segera saja saya menyahut bungkusan kapal layar di tangan kiri, kapal mabur di tangan kanan, baca depan dan belakang cari tulisan yang bisa dijadikan petunjuk, dan akhirnya ketemu juga masalahnya.

kopi kapal layar netto 425gr, kopi kapal mabur netto 185gr,      

kopi kapal layar 15rb isi 425gr – jadi harga 1kg sekitar 35rb-an.  kopi kapal mabur 8rb isi 185gr – jadi harga 1kg sekitar 43rb-an.

lha kalau begini namanya lebih mahalan kopi kapal mabur…          dan jelas dari segi rasa juga tidak bisa dibohongi…

jadi, pastikan apakah barang yang anda beli memang murah, atau kelihatan murah tapi sebenarnya jatuhnya lebih mahal…

kita pasti juga pernah dengar mbah kita dulu sering ngendikan,   ONO REGO ONO RUPO..

yang artinya kurang lebih  " ADA HARGA ADA KUALITAS ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar